Viral Penumpang Tak Dapat Kursi di Pesawat, Ini Penjelasan LION AIR

New Castle Delaware home appliance construction engineering safety gear modern home office car audio system parental control program poland medical books reminder paradise louisiana last minute trip bulgaria prints off road driving developing promotion go travel video software gifts image editor program lth ups teaching men hair maintenance kashwear goodyear ultra grip ice tires oceanic time warner cable hawaii lake mead houseboat rentals Volleyball Spandex disney world hopper pass small dehumidifier vented propane heater samsonite briefcase grab bars ginger ginger grab bars canon optura camcorders 5 axis router servo actuators homes for sale in eugene oregon milk frother Eczema Medication cheap flights to budapest stone mantels paintball discounters tree climbing equipment 5 acne b vitamin sample brochures china airfare navy seal watch touch screen lcd monitor lcd rear projection tv copying vhs to dvd chess clock cd cabinet cable router lp gas heater specialty merchandise company brass door knob cruising world magazine cookie bouquet embroidery machine for sale zeiss microscope Unit Heater newport ky drain cleaner widescreen projection pilates instructions nars cosmetic supplement wholesalers buy toyo tires Toms Toothpaste vinyl fence journalism courses manual handling equipment coaching software electronics recycling dry cleaning equipment america intercontinental university Phone Tape Recorder pool table atlanta gmc rims man wedding band christmas gift basket air mattress best airfare iowa private investigators Glass Dildo jogging stroller hip hop ringtones metal bench Wire Rope Rigging federal housing authority lesko apartment rental new york post traumatic stress disorder buffalo grove il adidas running gear home odor control church furnishing american north spice virtual production office ph electrode camcorder battery charger yeast infection las vegas brochures ireland poster breast enhancer Phone Ringtone plumbing fixture bull dozer super 8 jackson folding table cholesterol test clemson depression exercise psoriasis Electrostatic entertainment center furniture used drum wales tourist board optimizer commercial rental property belly button jewelry professional staffing framed art framed art topo map marine biology cape cod tennis training car cleaning corel draw coffee club cheap tickets to amsterdam Equipment Rental home theater audio system Throw Down Virginia Tax portland oregon tuition university of arizona summer vacation travel agent new york aim monitoring Used Car For Sale super 8 california New Castle Delaware home appliance construction engineering safety gear modern home office car audio system parental control program poland medical books reminder paradise louisiana last minute trip bulgaria prints off road driving developing promotion go travel video software gift

Lion Air memberikan penjelasan terkait pengaduan salah satu penumpang atas nama Satwika yang
melaporkan tidak mendapatkan kursi di pesawat. Padahal, ia telah melakukan check in dan mendapat
kursi nomor 35F pada boarding pass, sementara pesawat yang ditumpanginya hanya sampai nomor
34. Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihartono mengatakan, penerbangan
nomor JT-1341 seharusnya dioperasikan pesawat Boeing 737-900ER yang berkapasitas 215 kursi
dengan nomor hingga 39.

"Namun dikarenakan rotasi pesawat yang berpotensi menyebabkan keterlambatan penerbangan, 
maka Lion Air menggunakan Boeing 737-800NG berkapasitas 189 penumpang yaitu baris kursi 
hanya sampai nomor 34," ujar Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin 
(24/9/2018). Alhasil, Satwika yang saat itu duduk di nomor 35F tidak mendapatkan tempat duduk 
seperti seharusnya. Danang melanjutkan penggantian pesawat dilakukan mendadak demi menjamin 
keselamatan penerbangan dan ketepatan waktu terbang.

"Dalam kondisi saat penggantian pesawat, sebagian besar penumpang sudah melakukan check-in," 
kata Danang. Oleh karena itu, pada akhirnya Lion Air JT-1341 lepas landas sesuai jadwal keberangkatan dari Palembang yaitu pukul 07.05. Sebelumnya, pemilik akun Satwika Ika 
mencurahkan kekecewaannya terhadap maskapai penerbangan Lion Air di Facebook Ika menceritakan, pada Minggu (16/9/2018), ia hendak melakukan penerbangan dari Palembang 
menuju Jakarta. Ika kemudian memesan tiket dan mendapatkan nomor kursi 35F. 

Namun, kejadian aneh dialaminya karena tidak ada kursi 35F di dalam pesawat tersebut. Ika kaget 
karena nomor kursi di pesawat tersebut hanya sampai nomor 34. "Ketika saya naik pesawat, ternyata 
kursinya cuma sampai nomor 34, sedangkan nomor kursi saya 35. Terus saya duduk di mana dong?" 
tulis Ika. Karyawati swasta ini kemudian menanyakan hal tersebut kepada pramugari. Ia kecewa 
dengan tanggapan dua pramugari yang dinilainya kurang sopan. "Kok nomor kursinya cuma sampai 
34, Mbak. Saya dapat nomor 35," tanya Ika kepada pramugari. "Standby saja dulu. Nanti pasti dapat 
kursi," kata salah seorang pramugari sambil berjalan pergi. Ika mengikuti instruksi pramugari dengan 
mundur ke dekat toilet. Tak puas, ia menanyakan ke pramugari lainnya bernama Sherryl perihal 
masalah tersebut.  "Mbak, kok bisa ya kursinya cuma sampai 34, sedangkan saya nomor 35," tanya 
Ika.  "Di web check in itu konfigurasinya untuk pesawat besar, sedangkan ini kami pakai pesawat 
kecil," kata pramugari tersebut. Tak lama Ika diminta pramugari menempati kursi nomor 34 di dekat 
jendela yang saat itu masih kosong. Namun, selang beberapa menit, pemilik kursi datang dan Ika 
kembali harus berdiri. Ia kembali menanyakan nasibnya. Lagi-lagi ia diminta duduk di kursi kosong.  

"Kalau saya duduk di kursi lain, terus yang punya kursi datang lagi, saya harus berdiri lagi dong? 
Mau sampai berapa kali saya diri-duduk-diri-duduk ?" tanyanya lagi. Jawaban tak terduga dari 
pramugari kembali diterimanya. "Iya, duduk saja dulu. Nanti juga pasti dapat kursi. Ini kan pakainya 
pesawat kecil. Mbak check in dengan konfigurasi pesawat besar," jawab pramugari lagi yang 
menurut Ika dengan nada tinggi. "Saya enggak mau duduk kalau belum jelas. Saya enggak mau 
dikasih kursi sisa asal-asalan, ya. Saya mau dapat kursi di dekat jendela sesuai saat check in," kata 
Ika. Menurut Ika, setelah itu, pramugari bernama Sherryl tersebut tidak mau lagi berbicara 
dengannya. Ia kemudian dihampiri seorang staf laki-laki yang memakai kemeja putih beserta rompi.
Lagi-lagi dirinya hanya diminta duduk di kursi kosong tanpa memberi tahu letak persisnya. "Bangku 
kosong itu yang mana maksudnya? Tunjukkin dong ke saya. Jangan saya disuruh nyari-nyari sendiri. 
Emangnya kopaja apa?" kata dia kesal. Ia pun berjalan mengikuti petugas, dan akhirnya diberikan 
kursi dekat jendela. Peristiwa tersebut belum selesai. Setelah Ika, rupanya ada pasangan suami istri 
dan anaknya yang mengalami nasib sama dengannya.  Menurut Ika, pasangan tersebut juga sempat 
terlihat berdebat dengan petugas sebelum akhirnya diarahkan ke bagian depan. Ia menyesalkan 
adanya kejadian tersebut karena merasa dibohongi dan direpotkan kesalahan internal. Ika juga 
kecewa dengan sikap kedua pramugari yang dianggapnya acuh dan tidak meminta maaf.  Ketika 
dihubungi Kompas.com, Ika mengaku telah melaporkan hal tersebut ke bagian humas Lion Air. 

"Saya sudah komplain langsung ke Humas Lion Air dan humasnya bilang sedang diinvestigasi. 
Humas Lion Air juga menyampaikan permohonan maaf," ujar Ika, Senin (24/9/2018).
Lion Air jenis pesawat Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi. 
Lion Air membenarkan kejadian tersebut. Lion air pun menyampaikan permohonan maaf kepada 
Satwika atas kejadian itu.  "Lion Air menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada 
seorang pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi pada Minggu (16/9/2018)," ujar Corporate 
Communications Strategic Lion Air Danang Mandala.

Nah Sahabat Rumpi, sampai disini dulu ya perjumpaan kita kali ini. Jangan lupa klik ikuti kemudian like, share & comment ya. Agar penulis termotivasi untuk memberikan lebih banyak artikel-artikel bermanfaat dan menarik lainnya, sampai bertemu lagi.

(SEMOGA KEJADIAN SEPERTI INI TIDAK TERULANG KEMBALI AGAR KEPUASAN PELANGGAN DAN CITRA MASKAPAI PENERBANGAN KITA TIDAK TERNODAI LAGI)




close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==